Oleh: rizky abrian | Agustus 27, 2007

Mengapa cecak bisa merayap?

Sebuah pertanyaan simple,namun sangat sulit menjelaskan secara lengkap kali ini pembaca akan mendapat jawabannya tanpa harus dan ilmiah,namun susah-susah ke perpustakaan terdekat.
Pada malam hari,di tempat sekitar lampu pasti banyak cicak,tokek dan sebangsanya.binatang ini bisa merayap dan bergerka lincah di dinding tanpa takut akan jatuh,mengapa demikian?pasti ada yang mengira kaki cecak memiliki perekat sehingga bisa menahan tubuhnya di dinding tanpa jatuh.namun setelah penilitian dilakukan ternyata cicak tak meninggalkan bekas perekat tersebut.

Jawaban tersebut baru ditemukan setelah kelompok peneliti dari universitas California barkley.dari berbagai data yang di kumpulkan,ternyata cecak memiliki bulu di telapak kakinya.
Mereka menemukan sekitar 500 ribu bulu halus yang ada di kaki ceak dengan panjang bulu bervariasi,antara 30 sampai 130 mikrometer.tebalnya hanya sepersepuluh dari rambut manusia.yang lebih menakjubkan,bulu bulu tersebut masih di bagi lagi menjadi beberapa bagian seperti sendok di ujung bulu.
Tingkat rekat bulu tersebut sangat kuat,sekitar 10 atm setiap bulunya,mereka mengukurnya langsung dengan alat bernama “atomic force microscope” .tak diragukan lagi betapa kuat bulu itu menahan tubuh sang cecak.
Menurut para peneliti ini,penemuan ini bisa mengilhami untuk pembuatan konsep baru lem kering,bahkan bisa jadi bisa dijadikan acuan membuat robot yang bisa merayap di tembok.

Beritaiptek.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: