Oleh: rizky abrian | November 18, 2007

mengenai Pendidikan Indonesia


seluruh sekolah di indonesia tak lepas dari daftar pelajaran
dari sekolah dasar kita dijejali berbagai macam pelajaran
dari matematika,bahasa indonesia,bahasa inggris,bahasa daerah,kesenian,
penjas,komputer,ppkn,ipa atau sains dan ips
smp lebih banyak lagi dengan dipisahnya ipa menjadi
fisika dan biologi
dan ips menjadi ekonomi,sejarah,geografi bahkan tata buku atau akutansi
sma atau smk lebih gila lagi,
kimia,sosiologi,anthropologi,kewarganegaraan
yang harus kita kuasai semuanya demi mendapat nilai bagus untuk
menunjukkan kalau kita ini mampu,
namun pada kenyataannya kita semua malah gagal
karena mengejar kesempurnaan,tak satupun yang berhasil
karena kita memang ada lemahnya namun juga ada lebihnya
namun pendidikan negara kita seakan tak mendukung kelebihan kita
karena pendidikan negara kita cenderung generalis,
bukan spesialis seperti negara maju,

maksudnya kita dituntut untuk menguasai secara keseluruhan
dimana kita belum tentu bisa.
padahal dengan spesifikasi materi pelajaran sesuai bakat
lebih menghasilkan manusia yang berkemampuan sesuai
bakat sehingga terjadi proses pembangunan yang menggunakan paham the right man
in the right place.bukan memperkerjakan orang sesuai pekerjaan
yang kosong,yang belum tentu orang itu bisa maksimal di posisinya.
ketika anak yang memiliki bakat di fisika namun tak
bisa masuk kelas ipa karena tak mampu memahami konsep biologi
apakah ini sebuah kesalahan yang begitu mengakar
sehingga kita tak bisa memperbaikinya?
mungkin ini yang membuat indonesia sulit untuk bangkit
karena rakyatnya tak bekerja sesuai bakat dan minatnya
demi sesuap nasi rela mengubur potensi
demi tuntutan jaman merubah arah kemampuan
yang belum tentu kita bisa. . . . . . . . . . .


Responses

  1. kalau kita mampu dan yakin bisa… pantang kita mengeluh…

  2. Klo ini sih aku setuju banget, padahal aku pernah baca di blog seorang temenku, klo di negara maju seperti Amerika setiap siswanya dijuruskan sesuai dengan bakat dan kemampuannya, berbeda dg di negara kita yang setiap anak dijejali dengan berbagai pelajaran, kan jadi Pusing *.*

    Mending diadain spesialisasi aja jadi bisa sesuai bakat and minat…

  3. SeKolaH eManG haL yaNg NyENEnGIN SEkalIgUS nyUsaHin…

    TaPi kaMu gaK kaN bisa JADI kayAk seKaraNg kaLo U gaK sekoLah….

    GAk pernaH keteMu aku KOn kLo U G sKUL…

    PeLaJaRan ntu BuMbUNYA skoLaH

  4. yup…
    pendapatmu ada benernya…
    tapi gak semua orang berpendidikan gagal kan?
    kuliah juga gak menjamin kita buat dapet kerja. sekarang yang dibutuhin skill kita. jadi pandai2 ja nyri kelebihan kita biar dapet kerja yang sesuai dengan peran kita ndiri2…
    artikel yang bagus…

    _lia_

  5. allow rizky…
    artikel u mang bgs bgt n ada unsur positifnya lo bwt qta2.

    q stuju bgt ma artikel u coz mang ci sbnernya bnyk pljran yg d ajrkan d skul tu mang pnting bgt bwt qt2 but trkdang sistem pndidkn kurang bs mmhmi qt dlm hal mngembangkankn potensi yg qt miliki.so,artikel u jg da bnerx klo prlu c mang hrs ada pnjurusn bg siswa sesuai bkt n kmmpuannya.

    kmbangin artkel u tyuz y dhek kiky..he2:)cz u kn ci kyk byi mkx prlu bnyk bljr2 gi spy mkin dwasa key.thanks

    fitria

  6. Dik lizki….
    kmu tu cil-kecil cabe rawit.
    Emangx da gak sk ma pddkn d’ INDONESIA?
    Mnrtq emang sich pnddkn d’sini kaya’x maksa,but itulah INDONESIA.mau ga’ mau hrs mau.toh kita orang INDONESIA, ya hrs cinta produk dlm negeri.
    sekian
    kunjungi blog kakak ya!!!!!!

  7. oi,rizky…artikelnya bagus lhoo…tentang aids,bagus bwt nambah pengewtahuan para pengunjung blog kamu..
    chayoo yach…
    jangan berhenti berkarya…oce😉


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: