Oleh: rizky abrian | Desember 16, 2007

Pingsan itu apa sih?

Minggu-minggu ini,saya banyak menemui teman-teman saya pingsan.
salam dua minggu ini saya melihat tiga teman saya pingsan,ada yang karena sakit gak bilang,abis olahraga,ada juga yang waktu gak ngapa-apain bisa pingsan,aq jadi penasaran kok bisa orang pingsan,aku lari ke warnet trus minta teranwangin mbah google.dan inilah hasil penerawangannya:

” Mereka yang mudah pingsan kerap dianggap lemah jantung. Apalagi jantungnya sering berdebar-debar. Padahal memakai baju dan kerah ketat pun bisa berdampak buruk. Penyebab kejadian seseorang mudah pingsan bisa disebabkan karena jantung yang kurang beres dan juga beberapa faktor dari luar. Apalagi kalau kita tidak mempunyai riwayat kelainan jantung ataupun faktor risiko penyakit jantung serta usia yang masih muda…..

Sebagian besar kasus pingsan yang bukan karena kelainan jantung diketahui lebih disebabkan karena adanya hipersensitivitas vagus. Vagus adalah saraf otak ke sepuluh yang mensarafi organ bagian dalam tubuh dan sangat berpengaruh terhadap frekuensi detak jantung.

Pingsan berawal dari kecenderungan terkumpulnya sebagian darah dalam pembuluh vena bawah akibat gravitasi bumi. Hal itu menyebabkan jumlah darah yang kembali ke jantung berkurang sehingga curah darah ke jantung dan tekanan darah sistoliknya menurun. Untuk mengatasi penurunan tersebut, timbul refleks normal berupa bertambahnya frekuensi dan kekuatan kontraksi jantung untuk mengembalikan curah ke jantung ke tingkat semula.

Pada seseorang yang hipersensitif, bertambahnya kekuatan kontraksi itu justru mengaktifkan reseptor mekanik pada dinding bilik jantung kiri, sehingga timbul refleks yang menyebabkan frekuensi detak jantung menjadi lambat, pembuluh darah tepi melebar, dan terjadi tekanan darah rendah (hipotensi) sehingga aliran darah ke susunan saraf terganggu.” http://www.info-sehat.com/content.php?s_sid=1100

ternyata pingsan disebabkan berbagai faktor,makanya teman-temanju yang pingsan dak selalu pingsan dari kegiatan yang sama.dan ternyata ketahanan tubuh sangat berperan besar untuk membuat orang rentan pingsan atau tdak.

(sorry kalau aku sedikit posting kebanyakan copy)


Responses

  1. he yek….!!!!!!
    u nyindir aq ta???????

    cz aq nyerasa kayak gitu nie…..

    Oya sori low kalo kmren waktu aq pingsan kamu susah2 angkat aq….
    n Thank yaw kamu dah mau nolongin aq…

    tp ntar kalo aq pingsan lagi tlong yaw bantuin akyuuuu….
    hehehehehe

  2. betik yo pancen semaputan!!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: