Oleh: rizky abrian | Februari 13, 2011

Perjuangan Hidup Selalu (tidak) Berhasil

sebentar lagi umur kamu 20, malu kalau belum kerja

Perkataan ibuku membuat aku harus menambah space otak yang sebenarnya sudah penuh dengan masalah masalah yang selalu aku pikirkan untuk masalah baru :  cari kerja .

Ya, sebentar lagi aku berumur 20 tahun, tepatnya oktober nanti,  namun statusku sekarang masih pengangguran. meskipun aku mahasiswa, orang tuaku menganggap status mahasiswa tidak bisa menutupi bukti bahwa saya adalah pengangguran, tanganku masih berada di bawah sedang telapaknya  menghadap ke atas.

Memang hal ini terlihat biasa jika dilihat dari sisi teman teman saya mahasiswa, hamper semua mahasiswa di kampusku mengandalkan orang tua sebagai penghidupan dalam masa kuliah, sehingga ketika ada beasiswa, mereka lebih rela mendapatkannya daripada harus bekerja, selain itu mereka mengganggap bekerja nanti malah akan menyusahkan proses kuliahnya nanti, karena dikuatirkan akan memnyita waktu kuliah.

Sebenarnya sudah sejak lulus SMA aku sudah mencoba mencari kerja tapi selalu gagal,mungkin sudah sekitar lebih dari 10 kali,  mulai melamar ke toko komputer, hingga mengikuti tes pekerjaan di Petrokimia, dimana itu adalah pengalaman kegagalan paling pahit sepanjang hidupku.  Yang terakhir saya sebutkan itu memang sangat saya sayangkan karena pada saat itu saya memang sudah benar hampir diterima, dari 3000 peserta aku telah masuk dalam 60 orang yang tersisa, namun nasib memang tak pernah bisa melihat siapapun, aku gagal.

Namun semenjak kuliah, minat saya untuk mencari kerja mulai turun apalagi dengan semakin sulitnya mendapatkan info lowongan kerja jika tidak melalu teman atau sumber informasi yang terpercaya.

Kegagalan itu memang masih membekas sakit di hati, apalagi jika harus mengingat kembali apa yang telah saya perjuangkan selama ini. Tapi lambat laun memang ada benarnya ketika pada saat sedih seperti ini mengingat  sebuah petuah ” Allah tidak akan mengambil apapun dari manusia kecuali Dia akan menggantinya dengan yang lebih baik” . Apa yang aku rasakan semenjak kuliah, aku semakin merasa beruntung melihat diri saya sendiri dibanding teman teman yang lain.

Dari sepanjang perjuangan saya berusaha mencari kerja itu aku mendapatkan banyak ilmu yang aku dapat dari teman teman sesama pencari kerja, keahlian mulai dari kemampuan menulis baku, fotografi  hingga desain banner pun tanpa sadar telah ada dalam tanganku. Dan tanpa sadar pula aku mendapatkan Job baik dari mahasiswa maupun dosen untuk menjadi Fotografer acara kampus, mendesain kaos hingga banner dalam acara Ospek, tentunya juga dengan mengikuti organisasi di dalamnya.

Kadang jika aku memang mengeluh, tapi di sisi lain Allah telah mencukupkan diriku melalui jalan yang tidak aku sadari, sekarang aku sudah bisa membiayai kuliah meskipun sebatas uang jajan dan bensin, tapi ini semua karena kemampuan yang aku dapatkan semasa aku berjuang mencari kerja dulu.  Dan aku merasa sangat bersyukur karena mahasiswa lain belum ada yang seperti aku, bahkan merekalah yang meminta tolong kepadaku.

memang hal ini masih belum bisa menjawab dari apa yang telah ibu pesankan kepadaku untuk segera mencari kerja, tapi paling tidak kemampuan dan pengalaman yang aku dapat selama ini bisa membuatku semakin siap hingga bisa masuk ke dunia karir secara profesional saat aku lulus nanti.


Responses

  1. […] Read more… […]

  2. Berkunjung…:D
    Salam Sukses!

  3. saya sudah memasuki angka 20 bang, Januari lalu.. dan memang usia 20 adalah usia yang mengharuskan kita untuk lebih dewasa dan lebih paham akan hidup.. carilah pekerjaan yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan, semua pasti akan ada waktunya, pelan-pelan saja..🙂

  4. Semoga sukses dengan jalannya,and tetep semangat,ciayo😀


Tinggalkan Balasan

Kategori

