Oleh: rizky abrian | Januari 11, 2012

diary hari ini (dan semoga selanjutnya)

AKU INGIN MABUK SELAMANYA!

Nama yang unik dan tak pernah saya bayangkan sebelumnya. ketika sepasang orang tua yang ingin anaknya menjadi putri yang baik hati,namun nasib putri raja sang empunya nama mengalami akhir yang tragis, maka dikreatifkanlah nama tersebut untuk sang putri kesayangan mereka.

Lidwine anzaska, saya memahaminya sebagai nama yang tak sempat aku pikirkan sebelumnya,bahkan ini di luar batas imajinasi ter-abstrak-ku. Saya sejenak berpikir, orangtua mana yang memberi nama anaknya dengan tutup botol anggur (LID-WINE) ? saya tak habis fikir dan bodohnya saya adalah tak sengaja mempertanyakan pada dunia maya.

pada saat itu  ia pun tahu, merasa,  dan mengungkapkan sedikit kesalnya pada dunianya sendiri.  Dan dari sebuah permintaan maaf yang saya berikan, perkenalan yang sesungguhnya itu terjadi.

Pernah suatu kali mengetahui wajahnya ketika malam itu, malam ketika para mahasiswa mahasiswa muda mengalami malam pertamanya,dengan tekanan khas ala dunia kampus. Hingga burung hantu enggan terjaga pun mereka masih menggeliat mengerjakan berbagai macam penugasan untuk kegiatan perkenalan esok pagi.

Saya sebagai salah satu panitia, meski tak terikat langsung secara tanggung jawab juga ikut merasakan beban moral, dan juga ingin merasakan bagaimana mereka bisa mengalahkan rasa kantuk dan dingin malam demi cita cita yang ingin mereka capai.  Sejak kecil saya selalu dimanja dengan sagala macam fasilitas, termasuk ketika saya dulu pernah berada pada posisi mereka, saya masih bisa tidur dengan tenang karena masih ada keluarga yang mau saya repotkan

Masih ingat akan wajah dan tingkah lucunya, diantara sekian puluh mahasiswa baru yang saya temani hingga pukul 3 pagi di kampus mengerjakan tugas atribut untuk ospek paginya.

“kak, kalau aku ga kuat, besok pagi aku pura pura pingsan yah?” sebuah pertanyaan konyol yang dijawab dengan gelak tawa dari teman teman mahasiswa baru dan panitia yang tersisa,yang berbaik hati untuk menemani. saya menjawabnya dengan senyum dengan dipaksa karena sudah terlalu habis tenaga ini diperdaya.

sebuah nama yang menumbuhkan rasa bersalah padaku, dan sejak itu saya memiliki tempat baru di sebuah ruangan,namanya imajinasi. “tutup botol anggur”, potongan kata yang belum punya arti dan fungsi, saya letakkan di sebelah imajinasi “lebah dalam dompet” yang juga belum punya arti dan fungsi. Imajinasi imajinasi aneh ini biasanya membantuku membuat puisi dan saya memiliki hampir ribuan kata kata aneh yang berjejer jejer dalam ruangan itu.

sekian peristiwa dijalani,sekian waktu direntangkan. kini saya telah menemukan arti .

ya. gadis kalimantan berdarah arab dan cina ini telah memberi saya jawaban. sebuah tutup botol anggur yang menjadi pembatas, yang menentukan apakah kalian tetap pada kesadaran atau hilang keseimbangan.  Memang kecil , tapi dialah yang menjaga pintu gerbang kesadaran kalian, sebelum akal kalian dikuasai lalu bertindak tanpa kendali.

Namun sekarang, di sampingnya, gadis bernama lidwine anzaska. Adalah alasan yang telah membuat jemariku  memenuhi sela jemarinya. Peduli pada dunia atau tidak, kamulah yang memegang kunci gerbangnya. Dan aku ingin mabuk selamanya!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: