Oleh: rizky abrian | Juli 28, 2015

memaafkan

selamat lebaran ya!! mohon maaf lahir batin. Karena sekarang masih aroma lebaran, maka saya ingin menulis tentang hal yang nggak jauh dari lebaran yaitu maaf-maafan.

kali ini saya mau menulis tentang memaafkan, beberapa orang mungkin memiliki kenangan yang begitu menyakitkannya, hingga sulit untuk dimaafkan. kata memaafkan inilah yang menjadi obat paling ampuh. meski hanya satu kata, tapi bagi beberapa orang yang sudah terlanjur amat sangat sakit sekali akan sulit untuk melakukannya.

saya juga memiliki beberapa kenangan yang sulit dimaafkan, butuh waktu yang nggak sebentar untuk benar-benar bisa memaafkan. memaafkan disini maksudnya benar-benar memaafkan, soalnya, banyak sekali orang yang mengaku telah memaafkan, tapi dendamnya masih ada, atau nggak mau mengingat-ingat lagi, atau masih emosional apabila teringat tentang kejadian itu, kalau misalnya masih seperti itu, berarti ya belum memaafkan seutuhnya.

memaafkan  maksudnya sudah melepaskan segala emosi negatif yang berkaitan dengan hal atau kejadian itu. sakit hati pertama saya yang pertama adalah masalah karir. saya pernah gagal dalam suatu tes, dan itu karena saya buta warna parsial. saya sulit sekali menerima BW itu karena memang bukan karena perbuatan saya. saking emosionalnya, setiap saya melihat tes isihara atau ada orang yang nyebut buta warna, saya emosi saya selalu muncul, sebagian besar berisi sakit hati. pernah sampai saya menyalahkan ortu saya karena secara teori penyakit itu memang diturunkan dari orang tua, tapi seiring waktu , akhirnya saya juga mikir, “memangnya ortumu juga pengen ngasih itu ke anaknya?”.

butuh 2 tahun untuk membuat saya memastikan bahwa saya benar-benar memaafkan kejadian itu dan akhirnya bisa menerima dengan tenang. saya ndak perlu lagi menutup-nutupi,bahkan saya sudah bisa mengakui bahwa saya memiliki itu.

memaafkan yang kedua adalah tentang hati, beberapa orang pernah merasa hancur hatinya ketika dikhianati kekasih, saya pun juga. memaafkan saya menjadi sulit karena emosi yang terlalu berlebih membuat pikiran rasional saya jadi kalah. dulu, masih sering saya tidak terima kenapa dia meninggalkan saya. padahal saya sudah serius. saking sakitnya saya pernah berusaha menghilangkan semua hal tentang dia sampai hal terkecil, pernah juga sampai dendam, sampai ingin menghilang, bekerja dengan tekun sehingga bisa membeli mobil, lalu menabraknya dengan mobilku itu. tapi forgiveness is the true healer. ketika bisa memaafkan orang lain, memaafkan semua kejadian, menerima utuh diri kita sendiri yang sekarang, maka segalanya jadi menenangkan, segalanya menjadi damai.

butuh kekuatan yang besar untuk memaafkan, hanya orang yang kuat yang mampu memaafkan saya pernah ingat suatu kutipan, memaafkan tidak mengubah masa lalu, tapi mencerahkan masa depan. memang benar, tapi memang butuh proses yang panjang, melawan monster di dalam diri kita yang bernama sakit hati dan mengalahkannya dengan senjata memaafkan, butuh waktu, butuh alasan, butuh pemahaman yang cukup bahwa kejadian di masa lalu harus dimaafkan sehingga nggak mengganggu masa depan kita.

one more time, selamat lebaran ya!! mohon maaf secara tuntas,ikhlas dan menyeluruh.


Tinggalkan Balasan

Kategori

