Oleh: rizky abrian | Agustus 9, 2015

Piutang

hari ini, saya dikabari salah satu pelanggan saya bahwa pembayaran untuk bulan ini dia ndak bisa bayar. dia cerita bahwa mertuanya masuk rumah sakit dan sudah habis uang banyak. ya bagaimana lagi, saya cuma bisa bilang, “ya sudah mas gapapa, pokoknya tetep ngabari aja”. keliatannya simpel, tapi sebenarnya urusan uang itu ndak mudah, menangguhkan hutang orang lain itu belajarnya berat.

ga cuma sekali saya mendapat jawaban maaf ketika sudah waktunya saya menagih pembayaran. yang namanya bisnis ya memang serba salah, kadang harus tegas, kadang harus manusiawi. dan antara keduanya harus pintar-pintar membaca situasi supaya keputusan kita bijaksana. tapi yang namanya hutang, urusan uang, memang harus siap mental dan emosi supaya pertemanan, seduluran, koneksi, dan apalah itu tetap terjaga dengan baik.

kalo di ilmu agama sih, katanya orang yang menangguhkan hutang orang lain, atau menghapus, katanya sih  dijauhkan dari api neraka, diberi naungan saat hari kiamat nanti dan juga katanya kalau mempermudah urusan orang lain, katanya juga akan dimudahkan oleh Allah. bener sih saya juga merasa jarang sekali mendapat kesulitan berarti, hidup ya seru-seru aja, sibuknya juga ga melelahkan, ya bisa jadi dari itu, bisa jadi lho.

kadang juga agak menyesal juga liat kelakuan dulu. saya pernah membentak teman kantor, usianya 20 tahun lebih tua dari saya, tapi saya bentak gara-gara telah bayar hutang sampe 3 bulan. wajar juga sih kalau saya emosi, apalagi masih muda, apalagi uangnya juga ndak sedikit. tapi memang namanya waktu bisa mengubah cara pikir. sekarang sudah bisa agak kalem kalau ada orang mohon ijin minta bayar telat.

mungkin yang perlu sering-sering ditanamkan adalah, semoga saja dengan memudahkan urusan orang lain, urusan saya juga selalu dipermudah sama Yang Maha Mengatur Urusan.


Tinggalkan Balasan

Kategori

