Oleh: rizky abrian | September 4, 2015

Fokus

banyak sekali yang diketahui, akhirnya banyak juga yang akhirnya diinginkan. baru saja saya selesai mengalami tiga kegiatan rutin sekaligus, kerja, kuliah, mengajar, dosen terbang, dan bisnis hape. (lho katanya tiga?!?). mungkin karena saya masih muda, jadi keinginan yang ingin dicapai banyak sekali. pingin kerja, pingin kuliah, pingin jadi dosen, pingin punya uang banyak, pingin punya mobil, pingin jalan-jalan, travelling, belajar hal baru. waduh! kalau begini saya yang baca sendiri kok jadi ngeri sendiri ya, begitu banyaknya yang saya ingin.

kalau misalnya ingin mewujudkan semua itu, ya berarti saya harus melakukan banyak hal pula dalam satu waktu. itulah yang akhirnya terjadi kalau tidak fokus. pagi kerja, sore kuliah, malam belajar, libur kerja diisi dengan jadi dosen, dan terus begitu dan terus begitu selama setahun ini. mungkin bila diliat sama orang, saya kelihatan keren, tapi keren pun ada harganya. dan harga mahal yang harus dibayar adalah ndak punya waktu luang, ndak sempat jalan-jalan, dan hampir ndak sempat refreshing bahkan hanya sebatas nonton film pun susah untuk cari waktunya.

kadang saya merasa beruntung sekali banyak hal yang dilakukan, ndak fokus, tapi sekali lagi saya beruntung, kesemuanya tidak ada yang berantakan. sungguh beruntung sekali saya yang dengan bodoh mengambil jalan multitasking ini.

setelah ini, saya mungkin akan belajar fokus, kalau nurutin keinginan, sepanjang tahun ini saya menemukan banyak hal yang ingin diwujudkan, mungkin 4-7 keinginan baru yang ingin dilakukan. tapi saya kan cuma satu, ndak bisa dibelah seperti mikroba. waktu saya juga cuma 24 jam sehari, kemaren saja kegiatan saya dari 6.00-22.00. itu sama halnya dengan 16 jam. cuma sisa 8 jam hanya untuk tidur. kalau misal ditambah lagi, trus jam tidur mau ditaruh dimana?

hidup pasti memilih, terkadang merelakan. saya harus belajar fokus dan merelakan (mungkin bisa juga menunda) apa-apa yang ingin. karena keinginan harus mengalah sama kebutuhan.


Tinggalkan Balasan

Kategori

